Media dan Cara Memanen Kroto Terbaik

Panen kroto adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pelaku budi daya kroto ata ternak semut rangrang. Namun, tidak banyak pelaku budi daya kroto/ semut rangrang, terutama untuk pemula yang tahu kapan waktu yang tepat untuk memanen kroto.

Perlu Anda ketahui bahwa masa semut rangrang melakukan daur ulang telur mulai dari butir pasir, sampai sebesar beras, kemudian menjadi larva serta pupa membutuhkan waktu sekitar 15 sampai dengan 20 hari. Ini artinya kroto bisa dipanen sekitar 15-20 hari sekali.

Kroto dapat dipanen ketika sudah terlihat dididing toples begitu banyak pupa-pupa yang menempel. Itulah sebab, medium ternak kroto yang digunkan untuk budidaya kroto, sebaiknya harus transparan agar bisa melihat apakah bibit kroto tersebut sudah layak untuk dipanen atau belum.

Pertanyaanya kemudian, media apa yang baik untuk memanen kroto? Media yang bagus untuk memanen kroto di antaranya adalah kawat strimin dan ember, tepung kanji dan sarung tangan karet. Tapi jika Anda menggunakan media galon, pemanenan kroto akan jauh lebih mudah.

Galon yang dimaksud dalam hal ini ialah galon yang sudah dipotong lehernya dan dilubangi baian dindingnya. Media galon memudahkan pelaku budidaya kroto untuk memanen kroto yang bisa mencapai 1 kg-2kg per hari. Dalam hal ini, Anda tidak begitu banyak membutuhkan media toples, dengan media galon setiap hari Anda cukup mengambil 1-2 galon untuk menghasilkan 1kg kroto.

Sayangnya jika Anda termasuk orang yang tidak sabar, budidaya kroto menggunakan galon ini kurang cocok. Hal ini karena, budidaya kroto menggunakan galon, membutuhkan waktu yang realtif lama. Berbeda dengan budidaya kroto media toples, yang membutuhkan waktu kurang lebih 15-20 hari saja.

Untuk budidaya kroto media toples, agar bisa memanen setiap hari, maka Anda harus memiliki setidaknya 300-400 toples semut rangrang dengan ukuran 1 liter atau 2 liter. Adapun simulasi pemenenannya adalah sebagai berikut; setiap hari ambil 10 toples semut rangrang siap panen, dengan asumsi setiap toples berisi 1 ons kroto, sehingga 10 toples tersebut bisa menghasilkan 1 kg kroto siap jual. Adapun harga kroto per-kilo saat ini berkisar antara Rp. 180.000 sampai dengan Rp.200.000, tergantung harga kroto di daerah Anda, karena harga kroto setiap daerah berbeda-beda.

Cara memanen kroto yang baik



Bagaimana cara memanen kroto yang baik? Itulah yang sering ditanyakan oleh para pelaku budidaya kroto, terutama bagi yang baru menekuni budi daya kroto ini. Untuk pemanenan kroto ada baiknya dilakukan setelah Anda memiliki banyak bibit kroto. Namun, jika Anda ingin mencoba, Anda bisa mengambil 1-2 toples terlebih dahulu.

Adapun cara memanen kroto yang baik ialah dilakukan dengan perbandingan 50:50. Misal Anda memiliki 20 toples kroto sebaiknya diambil 10 saja sisanya dibiarkan berkembang biang sebagai regenerasi bibit semut rangrang penghasil kroto. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penyusutan bibit kroto. Adapun langkah-langkah pemanenannya adalah sebagai berikut:

Langkah pertama ketika memanen kroto yang harus Anda lakukan ialah menyiapkan peralatan atau media pemanenan. Alat-alat pemanenan kroto sebagaimana yang telah disebutkan di atas, antara lain, ember plastik, kawat strimin, sarung tangan plastik dan tepung kanji.

Apabila peralatan memanen kroto sudah siap semua, langkah selanjutnya ialah letakkan kawat strimin di atas ember, kemudian ambilah bibit kroto siap panen, letakkan di atas kawat strimin, goyang-goyang toples yang berisi bibit kroto, hingga kroto rontok dan semutnya akan menempel pada kawat strimin. Setelah dirasa kroto sudah masuk ke ember semua, letakkan toples semut rangrang di tempat semula. Umumnya dalam waktu kurang lebih 2-3 jam, semut rangrang akan kembali membangun sarang yang telah rusak akibat proses pemanenan.

Artikel Terkait

  1. Cara Budidaya Semut Rangrang Dalam Toples
  2. Cara Menyatukan Semut Rangrang Beda Koloni
  3. Teknik Budidaya Semut Rangang Modern
  4. Semut Rangrang
  5. Pakan Terbaik Semut Rangrang
  6. Proses Perkembangbiakan Semut Rangrang
  7. Jenis-Jenis Kroto Untuk Pakan Burung
  8. Cara Terbaik Memanen Kroto
  9. Agar Semut Rangrang Cepat Bertelur
  10. Bibit Kroto Murah
  11. Bibit Kroto Murah
  12. Cara Budidaya Kroto Media Paralon
  13. Cara Mengatasi Musim Semut Pejantan
  14. Cara Mengatasi Musim Semut Pejantan
  15. Faktor Penyebab Kegagalan Beternak Kroto

bibit kroto, budidaya semut rangrang, budidaya kroto, bibit kroto murah Bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis Budidaya Kroto,
Dapatkan Buku "Untung Besar Budidaya Kroto" ini dengan harga murah dan terjangkau.
Anda cukup mengeluarkan uang Rp. 40.000 sudah bisa mendapatkan buku ini.Jika berminat silahkan hubungi kami via:
SMS: 085385004090,
PIN BBM: 3306C47C
.