Agar Semut Rangrang Cepat Bertelur

bibit kroto, budidaya semut rangrang, budidaya kroto, bibit kroto murah
Salam sejahtera kawan-kawan pelaku budidaya semut rangrang/ ternak kroto. Dalam pembahasan kali ini, bibitkrotomurah.blogspot.com akan membagikan trik dan tips agar semut rangrang cepat bertelur dan menghasilkan kroto yang berkualitas. Seorang pelaku budidaya semut rangrang/ peternak kroto, tentu mengharapkan agar semut rangrang yang ia tangkar cepat bertelur dan menghasilkan kroto yang berkualitas.

Namun, perlu diketahui, bahwa untuk membuat semut rangrang berkembang dengan baik dan cepat bertelur tidak semudah membalik telapak tangan, semuanya membutuhkan kerja keras dan ketelatenan, ulet dan teliti. Hal ini berdasarkan fakta bahwa, banyak para pelaku budidaya kroto yang mengeluh, karena semut rangrang tidak bisa berkembang dengan baik, banyak semut yang stress dan mati, sehingga telur/ kroto yang dihasilkan pun tidak banyak.

Untuk itu, para pelaku budidaya kroto, terutama bagi para pemula atau yang baru saja menggeluti budidaya semut rangrang / ternak kroto harus mengetahui beberapa penyebab, mengapa semut rangrang lambat berkembang dan lama bertelur-nya. Dalam hal ini setidaknya ada beberapa faktor yang menyebabkan semut rangrang lambat berkembang, antara lain:

  1. Suhu rungan yang telalu panas
  2. Rak yang bercampur dengan bahan kimia
  3. Kurangnya stok makanan atau makanan sudah basi
  4. Sumplemen makanan kurang berfariasi, (Lihat juga: makanan terbaik semut rangrang )
  5. Lingkungan yang terlalu ramai
  6. Cara perawatan yang salah. Dll.


Jika kita mengharapkan semut rangrang cepat bertelur, maka beberapa permasalahan tersebut harus di atasi. Pertanyaanya bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasi permasalahan tersebut, setidaknya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Pertama, Pilihlah tempat budidaya kroto suhunya agak dingin atau sekitar 20-26o C. Tapi, jika Anda berada di tempat yang suhunya relatif panas, Anda bisa membuat ruangan khusus untuk para koloni semut rangrang. Dalam membuat rungan, usahakan atap ruangan berupa genteng atau jika Anda memiliki modal yang cukup besar bisa dengan semen/ cor. Usahakan ruangan tersebut memiliki fentilasi dan pencahayaan alami. Cahaya matahari yang baik untuk semut rangrang adalah sinar matahari pagi antara jam 07.00 sampai dengan 09.30.

Kedua, jauhkan rak dari bahan kimia. Selain itu, ketika membuat rak untuk semut rangrang, pastikan bahan yang digunakan bebas dari bahan kimia berbahaya, seperti pestisida/ obat hama dan bahan kimia lain. Jika rak Anda terbuat dari kayu, pastika kayu tersebut bebas dari bahan kimia atau obat pembunuh hama. Hal ini karena, banyak orang yang menggunakan pestisida atau obat hama untuk mengawetkan kayu dan agar kayu tidak dimakan rayap, kumbang dan lain sebagainya. Ada bainya, jika Anda membuat rak dari kayu, carilah kayu dari pohon yang biasanya banyak terdapat sarang semut rangrang. Misalnya, pohon mangga, rambutan dan lain sebagainya.

Ketiga, perhatikan stok makanan dan minuman semut rangrang dan cek secara berkala. Jika makanan sudah basi, cepat ganti dengan makanan baru. Untuk minuman semut rangrang yang terbuat dari cairan gula, gantilah minuman tersebut secara berkala, minimal 2 sampai 3 hari sekali. Selain itu, jangan cuci wadah minuman atau makanan dengan menggunakan diterjen atau sabun. Karena itu mengandung bahan kimia. Cucilah dengan air biasa sebersih mungkin.

Keempat, sebagaimana manusia, semut rangrang juga membutuhkan sumplemen atau vitamin agar kesehatannya terjaga. Ketika kesehatan semut rangrang terjaga dengan baik, maka ia akan berkembang biak dengan baik dan tentunya akan menghasilkan kroto yang baik juga. Untuk berilah vitamin khusus untuk semut rangrang. Vitamin ini sudah banyak beredar dan bisa Anda temukan di pasaran. Jika vitamin ini sulit ditemukan didaerah Anda, maka Anda bisa menggantinya dengan memberikan pakan yang mengandung banyak protein, seperti, ulat hongkong, jangkrik, cicak, dan lain sebagainya.

Kelima, usahakan tempat untuk budidaya semut rangranag/ ternak kroto jauh dari keramaian. Hal ini karena, semut rangrang selain sebagai hewan yang sangat memperhatikan daerah kawasannya, ia juga rentan stress. Semut rangrang akan mudah stress jika mendengar suara-suara brisik dan banyak dijamah orang. Maka dari itu, semut rangrang yang hidup di alam biasanya memilih tempat yang paling tinggi. Hal ini selain untuk menjaga keutuhan koloninya, juga agar ia bebas dari jamahan manusia dan juga suara-suara gaduh yang dapat membuatnya stress.

Demikianlah, beberapa tips dan trik agar semut rangrang cepat bertelur, yang dapat bibitkrotomurah.blogspot.com, sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, dan jika ada kesalahan mohon kritik dan sarannya. Selanjutnya selamat mencoba!!!!!

Artikel Terkait

  1. Cara Budidaya Semut Rangrang Dalam Toples
  2. Cara Menyatukan Semut Rangrang Beda Koloni
  3. Teknik Budidaya Semut Rangang Modern
  4. Semut Rangrang
  5. Pakan Terbaik Semut Rangrang
  6. Proses Perkembangbiakan Semut Rangrang
  7. Jenis-Jenis Kroto Untuk Pakan Burung
  8. Cara Terbaik Memanen Kroto

bibit kroto, budidaya semut rangrang, budidaya kroto, bibit kroto murah Bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis Budidaya Kroto,
Dapatkan Buku "Untung Besar Budidaya Kroto" ini dengan harga murah dan terjangkau.
Anda cukup mengeluarkan uang Rp. 40.000 sudah bisa mendapatkan buku ini.Jika berminat silahkan hubungi kami via:
SMS: 085385004090,
PIN BBM: 3306C47C
.