Cara Mengetahui Ratu Semut Rangrang di Sarang Toples

gambar semut-foto semut-semut rangrang
gambar semu-foto semut-semut rangrang

Bagaimana cara mengetahui ratu semut rangrang di sarang toples?, itulah pertanyaan yang seringkali diajukan oleh para pelaku budidaya kroto, terutama mereka yang baru dalam usaha budidaya kroto ini. Pada dasarnya untuk mengetahui apakah di dalam sarang toples terdapat ratu semut rangrang atau tidak sangatlah mudah. Hal ini karena, umumnya budidaya kroto menggunakan toples transapran, sehingga semut rangrang bisa Nampak atau terlihat dari luar. Namun, bukan berarti karena toplesnya transparan, ratu semut rangrang bisa Nampak atau terlihat oleh mata kita.

Toples memang transparan, tapi, tidak mudah untuk melihat ratu semut rangrang, apabila ratu semut tertutup oleh jaring-jaring sarang. Lebih sulit lagi jika sang ratu semut sembunyi di dalam sarang yang besar, maka untuk mendeteksi apakah di dalam sarang toples terdapat ratu semut rangrang akan semakin sulit. Kecuali, jika tempat ratu terpisah, maka kita akan lebih mudah untuk mengetahuinya.

Nah, pertanyaanya, bagaimana cara mengetahui ratu semut rangrang di sarang toples? Berikut ini ada dua hal yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui, apakah di dalam sarang toples terdapat ratu semut rangrang.

Pertama, cara ini bisa dilihat langsung dengan mata telanjang. Anda bisa melihat langsung pada toples. Ratu semut rangrang biasanya berada pada tepi, atau pinggir dinding dalam toples. Usahakan mata Anda untuk menyisir setiap bagian toples dan amati secara detail semut-semut rangrang yang ada dalam toples tersebut. Cara ini hendaknya dilakukan di tempat yang terang, agar mudah untuk mengenali ratu semut rangrang-nya. Dalam hal ini, ciri utama ratu semut rangrang biasanya banyak dikelilingi koloninya.

Kedua, kita bisa langsung membalik toples dengan cara membuka tutup toples. Kemudian kita buat sedikit kejutan dengan cara menusuk jaring, atau menyobeknya dengan sendok. Kemudian ketuk-ketuk sedikit bagian atas toples agar semut keluar. Namun, jangan semua sarang semut disobek, karena itu sangat berbahaya, semut rangrang bisa meninggalkan sarangnya. Setelah sarang diketuk-ketuk, tunggu sebentar, karena biasanya ratu semut rangrang akan naik ke atas, ketika sarang ratu semut sudah berada di atas, maka Anda bisa melihatnya dengan jelas.

.