Skip to main content

Cara Budidaya Kroto Media Paralon

gambar semut-foto semut-semut rangrang
gambar semut-foto semut-semut rangrang

Cara budidaya kroto media paralon pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan budidaya kroto media bambu. Bedanya adalah, budidaya kroto media paralon lebih mudah dan praktis. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membuat sarang semut rangrang menggunakan media paralon.
  • Paralon berdiameter agak besar, minimal 7cm, dengan panjang bervariasi, buat saja rata-rata 40 cm.
  • Sediakan tali kawat sebagai pengikat paralon agar paralon tidak mudah goyah terkena angin atau tersenggol.
  • Sediakan kayu penyangga sebagai rak.
  • Kaleng atau semacamnya untuk merendam kaki-kaki kayu penyangga dan isi kaleng tersebut dengan air, agar semut tidak pergi dan tidak diserang predator dari luar.

Setelah bahan-bahan tersebut sudah terkumpul, tentunya yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah membuat tabung paralon itu menjadi tempat singgah atau sarang semut rangrang. Berikut caranya:
  • Setelah rak kayu selesai kita siapkan, potongan paralon kita susun pada papan pengikat yang telah kita satukan dengan paku.
  • Susun dalam posisi mendatar sehingga membentuk seperti sarang lebah.
  • Setelah bahan siap digunakan, kita tinggal mencari rumah atau sarang semut rangrang yang ada di alam liar.
  • Usahakan ketika mencari sarang semut rangrang, ada ratu semutnya. Karena ratu semut tersebut yang akan menghasilkan telor dalam usaha pengembangan ternak kroto yang akan kita lakukan.
  • Setelah Anda mendapatkan sarang semut rangrang yang ada ratunya, ambil beserta sarangnya.
  • Letakkan sarang di atas susunan paralon yang telah Anda susun rapi, dan sudah Anda kasih daun-daun hijau dibagian dalam paralon sebagai pemancing semut rangrang untuk masuk dan bersarang dalam paralon.
  • Apabila dalam pencarian sarang semut di alam, Anda kesulitan menemukan sarang yang berisi ratu semut, usahakan Anda mendapatkan sarang yang banyak krotonya. Umumnya, dikumpulan kroto tersebut terdapat bakalan ratu semut rangrang.
  • Bila semut rangrang sudah mulai nyaman dan mau bersarang di sarang buatan Anda, maka Anda tinggal melakukan perawatan rutin, termasuk menjaga lingkungan ternak.

Setelah selesai membuat sarang semut rangrang menggunakan media paralon, hendaknya Anda juga merawatnya, menjauhkan sarang dari hal-hal yang mudah terbakar, memberi pakan dan mindum secara rutin dan lain sebagainya.

Artikel Terkait

  1. Cara Budidaya Semut Rangrang Dalam Toples
  2. Cara Menyatukan Semut Rangrang Beda Koloni
  3. Teknik Budidaya Semut Rangang Modern
  4. Semut Rangrang
  5. Pakan Terbaik Semut Rangrang
  6. Proses Perkembangbiakan Semut Rangrang
  7. Jenis-Jenis Kroto Untuk Pakan Burung
  8. Cara Terbaik Memanen Kroto
  9. Agar Semut Rangrang Cepat Bertelur
  10. Bibit Kroto Murah
  11. cara mengetahui ratu semut rangrang

bibit kroto, budidaya semut rangrang, budidaya kroto, bibit kroto murah Bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis Budidaya Kroto,
Dapatkan Buku "Untung Besar Budidaya Kroto" ini dengan harga murah dan terjangkau.
Anda cukup mengeluarkan uang Rp. 40.000 sudah bisa mendapatkan buku ini.Jika berminat silahkan hubungi kami via:
SMS: 085385004090,
PIN BBM: 3306C47C

Popular posts from this blog

Cara Merawat dan Memberi Pakan Semut Rangrang Agar Cepat Bertelur

Bagaimana cara merawat dan memberi pakan semut rangrang agar cepat bertelur? Itulah yang mungkin sering menjadi pertanyaan bagi setiap pelaku budi daya kroto. Perlu Anda ketahui bahwa sudah 3 tahun ini budidaya semut rangrang mulai merebak dimasyarakat. Banyak orang yang berusaha melakukan budidaya tetapi hampir 100% dari mereka gagal. Hal itu dikarenakan minimnya inisiatif untuk berusaha mencari hal yng efisien dalam melakukan percobaan budidaya. Sebagai contoh, seorang pemula yang langsung budidaya besar – besaran padahal orang tersebut belum mengetahui seluk beluk pengetahuan tentang semut rangrang.

Hal yang setelah itu terjadi adalah kegagalan. Ada juga segelintir orang yang menempuh cara instan yaitu dengan membeli bibit, mengikuti pelatihan dll. Tetapi mereka juga tetap gagal dikarenakan ada unsur pemanfaatan situasi dari para penjual bibit dan para pendiklat. Mereka hanya berusaha mendapatkan untung dari meledaknya informasi tentang budidaya semut rangrang tanpa harus memiliki …

Trik Jitu Melipatgandakan Koloni Semut Rangrang

Setiap pelaku budi daya kroto tentu mengharapkan semut rangrang yang ia takar cepat berkembang, sehingga koloni semut rangrang bisa bertambah banyak. Sayangnya, belum banyak yang tahu bagaimana cara melipatgandakan koloni semut rangrang. Untuk itu, bibitkrotomurah.blogspot.com akan sedikit menguraikan tentang trik jitu melipatgandakan koloni semut rangrang.

Trik yang akan kami uraikan berikut ini adalah trik-trik yang sudah diuji oleh para peternak kroto. Tapi, trik ini membutuhkan proses, waktu yang agak lama dan dilakukan secara bertahap. Meskipun demikian, melipatgandakan koloni semut rangrang ini bisa dibilang mudah dan murah. Ada baiknya usaha untuk melipatgandakan semut rangrang ini Anda lakukan sejak awal ternak. Untuk itu, ketika mulai beternak kroto atau semut rangrang, Anda harus memperhatikan aspek pendukungnya.

Adapun aspek pendukungnya antara lain; ruang atau media ternak, harus bisa mengadopsi, sekurang-kurangnya 75% keadaan sarang semut rangrang di alam bebas. Kedua,…

Agar Semut Rangrang Cepat Bertelur

Salam sejahtera kawan-kawan pelaku budidaya semut rangrang/ ternak kroto. Dalam pembahasan kali ini, bibitkrotomurah.blogspot.com akan membagikan trik dan tips agar semut rangrang cepat bertelur dan menghasilkan kroto yang berkualitas. Seorang pelaku budidaya semut rangrang/ peternak kroto, tentu mengharapkan agar semut rangrang yang ia tangkar cepat bertelur dan menghasilkan kroto yang berkualitas.

Namun, perlu diketahui, bahwa untuk membuat semut rangrang berkembang dengan baik dan cepat bertelur tidak semudah membalik telapak tangan, semuanya membutuhkan kerja keras dan ketelatenan, ulet dan teliti. Hal ini berdasarkan fakta bahwa, banyak para pelaku budidaya kroto yang mengeluh, karena semut rangrang tidak bisa berkembang dengan baik, banyak semut yang stress dan mati, sehingga telur/ kroto yang dihasilkan pun tidak banyak.

Untuk itu, para pelaku budidaya kroto, terutama bagi para pemula atau yang baru saja menggeluti budidaya semut rangrang / ternak kroto harus mengetahui bebe…