Trik Jitu Melipatgandakan Koloni Semut Rangrang

Setiap pelaku budi daya kroto tentu mengharapkan semut rangrang yang ia takar cepat berkembang, sehingga koloni semut rangrang bisa bertambah banyak. Sayangnya, belum banyak yang tahu bagaimana cara melipatgandakan koloni semut rangrang. Untuk itu, bibitkrotomurah.blogspot.com akan sedikit menguraikan tentang trik jitu melipatgandakan koloni semut rangrang.

Trik yang akan kami uraikan berikut ini adalah trik-trik yang sudah diuji oleh para peternak kroto. Tapi, trik ini membutuhkan proses, waktu yang agak lama dan dilakukan secara bertahap. Meskipun demikian, melipatgandakan koloni semut rangrang ini bisa dibilang mudah dan murah. Ada baiknya usaha untuk melipatgandakan semut rangrang ini Anda lakukan sejak awal ternak. Untuk itu, ketika mulai beternak kroto atau semut rangrang, Anda harus memperhatikan aspek pendukungnya.

Adapun aspek pendukungnya antara lain; ruang atau media ternak, harus bisa mengadopsi, sekurang-kurangnya 75% keadaan sarang semut rangrang di alam bebas. Kedua, bibit semut rangrang yang kita tangkar harus memenuhi kriteria bibit unggul. Ketiga, pola perawatan yang dilakukan 90% lebih memicu pertumbuhan dan perkembangan semut rangrang. Keempat, menjaga kestabilan area ruang ternak, mulai dari suhu, cahaya, udara dan lain sebagainya.

Setelah aspek pendukung tersebut sudah terpenuhi, Anda baru bisa menerapkan trik jitu melipatgandakan koloni semut rangrang. Adapun triknya adalah sebagai berikut:

Pertama, penambahan toples. Dalam hal ini pelaku budidaya kroto harus berhati-hati dalam menambahkan toples. Ada baiknya penambahan toples diletakkan di rak paling atas, dengan perbandingan 10:1. Artinya apabila Anda memiliki 10 toples yang sudah dipenuhi dengan kroto, maka Anda bisa meletakkan 1 toples kosong di atas rak, sebagai sarang baru semut rangrang.

Jangan tergesa-gesa dalam menambahkan toples kosong. Sebab, berdasarkan pengalaman pelaku budi daya kroto, terlalu cepat dan berlebihan dalam meletakkan toples kosong justru membuat semut rangrang tidak produktif. Semut rangrang sibuk bermain-main, berpindah-pindah dari toples satu ke toples lainnya.

Kedua, sesuaikan ukuran rak dengan jumlah koloni semut rangrang. Ingat sikap berlebih-lebihan justru akan membuat kerusakan. Begitu juga dengan budi daya semut rangang/ kroto, jangan berlebihan dalam membuat rak dan juga dalam membeli bibit semut rangrang. Semua ada porsinya. Untuk itu sesuaikan rak dengan bibit semut rangrang yang Anda miliki. Begitu juga sebaliknya sesuaikan pembelian bibit semut rangrang dengan rak yang Anda miliki.

Jangan berlebihan, misalnya kapasitas rak Anda hanya bisa menampung 300 toples kroto Anda letakkan 400 toples semut rangrang. Maka semut rangrang bisa berdesak-desakan, bahkan bisa jadi semut rangrang akan tarung (berkelahi) antara satu sama lain. Begitu juga sebaliknya, ketika Anda hanya sanggup membeli bibit semut rangrang 200 toples, maka jangan membuat rak yang kapasitasnya bisa menampung 400 toples semut rangrang. Sebab area yang lebih luas, membuat semut rangrang bergerak bebas, mereka akan menjadi semut ragrang pemalas, dan tidak produktif, kerjanya cuma main-main, jalan-jalan kesana kemari. Wal hasil, satu toples semut rangrang yang biasanya dalam waktu 15-20 hari bisa menghasilkan 1 ons kroto, akan berkurang, dan tentunya hal ini tidak Anda harapkan bukan?

Ketiga, jarak antar toples kroto atau semut rangrang janga terlalu rapat. Sebagaimana telah saya jelaskan di atas, bahwa jarak antar toples semut rangrang yang terlalu rapat bisa menimbulkan perkelahian antar semut rangrang. Selain itu area yang terlalu sempit membuat semut rangrang sulit bergerak bebas dan mempersulit saat pemanenan. Jarak ideal antara toples kroto adalah 2,5 jengkal jari tangan.

Keempat, jarangn menggerak-gerakkan toples. Ketika toples kosong sudah mulai ditempati semut rangrang, maka jangan sekali-kali menggerak-gerakkan toples. Hal ini karena, semut rangrang termasuk hewan yang sensitif dan rawan terhadap gangguan manusia, jika ia merasa terganggu maka ia akan segera meninggalkan sarangnya dan beralih atau mencari sarang baru.

Artikel Terkait

  1. Cara Budidaya Semut Rangrang Dalam Toples
  2. Cara Menyatukan Semut Rangrang Beda Koloni
  3. Teknik Budidaya Semut Rangang Modern
  4. Semut Rangrang
  5. Pakan Terbaik Semut Rangrang
  6. Proses Perkembangbiakan Semut Rangrang
  7. Jenis-Jenis Kroto Untuk Pakan Burung
  8. Cara Terbaik Memanen Kroto
  9. Agar Semut Rangrang Cepat Bertelur
  10. Bibit Kroto Murah
  11. Bibit Kroto Murah
  12. Cara Budidaya Kroto Media Paralon
  13. Cara Mengatasi Musim Semut Pejantan
  14. Cara Mengatasi Musim Semut Pejantan
  15. Faktor Penyebab Kegagalan Beternak Kroto
  16. Media dan Cara Memanen Kroto Terbaik

bibit kroto, budidaya semut rangrang, budidaya kroto, bibit kroto murah Bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis Budidaya Kroto,
Dapatkan Buku "Untung Besar Budidaya Kroto" ini dengan harga murah dan terjangkau.
Anda cukup mengeluarkan uang Rp. 40.000 sudah bisa mendapatkan buku ini.Jika berminat silahkan hubungi kami via:
SMS: 085385004090,
PIN BBM: 3306C47C
.