Cara Merawat dan Memberi Pakan Semut Rangrang Agar Cepat Bertelur

Bagaimana cara merawat dan memberi pakan semut rangrang agar cepat bertelur? Itulah yang mungkin sering menjadi pertanyaan bagi setiap pelaku budi daya kroto. Perlu Anda ketahui bahwa sudah 3 tahun ini budidaya semut rangrang mulai merebak dimasyarakat. Banyak orang yang berusaha melakukan budidaya tetapi hampir 100% dari mereka gagal. Hal itu dikarenakan minimnya inisiatif untuk berusaha mencari hal yng efisien dalam melakukan percobaan budidaya. Sebagai contoh, seorang pemula yang langsung budidaya besar – besaran padahal orang tersebut belum mengetahui seluk beluk pengetahuan tentang semut rangrang.

Hal yang setelah itu terjadi adalah kegagalan. Ada juga segelintir orang yang menempuh cara instan yaitu dengan membeli bibit, mengikuti pelatihan dll. Tetapi mereka juga tetap gagal dikarenakan ada unsur pemanfaatan situasi dari para penjual bibit dan para pendiklat. Mereka hanya berusaha mendapatkan untung dari meledaknya informasi tentang budidaya semut rangrang tanpa harus memiliki pengetahuan yang cukup. Dan hal itu dapat dikategorikan mengandung unsur penipuan. Dengan iming-iming hasil yang memuaskan,para korban akan menjadi lebih mudah tertarik. Jika memang para pendiklat dan penjual bibit berkata apa adanya tidak berbohong,sebenarnya itu sah-sah saja. Tetapi jika dalam 1 toples sosis saja bisa mendapatkan 1 ons ,jika dipikir secara nalar apakah mungkin?? Bisa saja,tapi bukan ditoples melainkan di alam asal habitat mereka. Itupun dengan koloni yang lumayan banyak dan area ladang makanan yang luas.

Intinya adalah koloni semut rangrang bisa menghasilkan kroto yang maksimal jika :

  1. Banyak terdapat ratu di koloninya,ingat bukan calon ratu.
  2. Koloni besar (banyak semut rangrangnya)
  3. Area tangkar yang luas
  4. Tersedianya makanan yang cukup
  5. Sebagian area tangkar harus terkena matahari langsung.


Beberapa kendala yang sering di alami para peternak :

  1. Semut rangrang banyak yang saling membunuh.
  2. Koloni semakin lama semakin berkurang jumlah anggotanya.
  3. Semut rangrang stres,dan banyak yang kabur atau bunuh diri.
  4. Koloni semut rangrang tidak mau makan.
  5. Koloni di dalam toples bibit tidak menghasilkan kroto.
  6. Koloni semut rangrang kita banyak yang mati mendadak
  7. Kroto yang dihasilkan masih minim.
  8. Setelah dipanen krotonya, koloni semut rangrang di dalam toples penangkaran berkurang sangat banyak dan akhirnya habis.
  9. Kroto yang terdapat di toples penangkaran di makan sendiri oleh koloni semutnya.


Ada 3 metode cara budidaya semut rangrang yang paling tenar saat ini. Tiga metode tersebut yaitu :
  1. Metode alam
  2. Metode dalam ruangan
  3. Metode semi alam


Dan diantara 3 metode diatas yang paling mendekati syarat agar kroto yang dihasilkan maksimal dalam budidaya kita adalah metode alam dan semi alam. Untuk metode ruangan banyak yang sudah meninggalkan. Metode tersebut sudah dianggap kuno dan paling buruk untuk hasil kroto yang dihasilkan,baik jumlah maupun kwalitas krotonya. Penyebab metode ruangan tidak dapat menghasilkan kroto yang maksimal adalah area tangkar yang sempit,tidak terkena sinar matahari langsung dan tidak tersedianya makanan tambahan (hama tanaman).

Untuk metode alam adalah metode yang paling sederhana. Inti dari metode ini adalah kita hanya menyediakan makanan bagi koloni semut rangrang yang hidup di pohon – pohon. Keuntungan lebih dari metode ini adalah sistem perawatannya yang paling mudah dan memungkinkan kita mendapatkan tambahan ratu semut rangrang secara alami.

Untuk metode semi alam adalah metode yang paling banyak diminati para pembudidaya saat ini, karena kita tidak harus memiliki tanah yang luas dan disertai pohon – pohon buah seperti metode alam. Untuk hasilnya sangat baik, hampir sama seperti koloni semut rangrang di alam dengan syarat ketersediaan pakan yang tercukupi.

Untuk cara memberi pakan semut rangrang agar cepat bertelur kurang lebih sebagai berikut: Letakan ulat hongkong , tulang atau pakan lainya dengan tutup stoples atau piring , pantau respon semut terhadap pakan yang kita berikan apabila semut mau makan dan semut kondisi sehat anda dapat meneruskan pakan tersebut.

Gunakan wadah yang berpenampang luas agar semut leluasa untuk bergerak memangsa makanan nya. Jika anda mengasih makanan seperti belalang atau cicak pastikan binatang – binatang tersebut dalam kondisi mati atau sudah dilumpuhkan kaki kaki nya agar tidak bisa lari.

Apabila semut rangrang merespon tidak baik atau semut tidak mau makan terhadap pakan yang kita berikan kita harus mengganti dengan pakan yang lain , kemungkinan semut sedang stress atau tidak berselera terhadap pakan tersebut. Menurut kami ( jual bibit kroto jogja ) makanan yang terbaik adalah ulat hongkong karena berprotein tinggi dan membuat semut cepat bertelur.

Setelah memberikan pakan semut jangan lupa memberikan minuman buat semut kroto ini. Semut juga butuh minum untuk metabolisme tubuh mereka. Jangan biarkan semut rangrang kehabisan minuman karena akan membuat semut stress dan berusaha keluar dari kandang untuk mencari sumber air.

Cara memberikan minum semut rangrang , selain membutuhkan makanan untuk menghasilkan telur, semut rangrang juga membutuhkan minuman dalam hal ini adalah air gula. Dengan porsi perbandingan 30 % makanan dan 70 % air gula. Bahan dan alat untuk minuman semut berupa gula pasir dan segelas air 200 ml. Setengah sendok makan dituang kedalam 200 ml air , kemudian tuangkan kedalam loyang atau piring lebar agar di minum oleh semut rangrang.

Artikel Terkait

  1. Cara Budidaya Semut Rangrang Dalam Toples
  2. Cara Menyatukan Semut Rangrang Beda Koloni
  3. Teknik Budidaya Semut Rangang Modern
  4. Semut Rangrang
  5. Pakan Terbaik Semut Rangrang
  6. Proses Perkembangbiakan Semut Rangrang
  7. Jenis-Jenis Kroto Untuk Pakan Burung
  8. Cara Terbaik Memanen Kroto
  9. Agar Semut Rangrang Cepat Bertelur
  10. Bibit Kroto Murah
  11. Bibit Kroto Murah
  12. Cara Budidaya Kroto Media Paralon
  13. Cara Mengatasi Musim Semut Pejantan
  14. Cara Mengatasi Musim Semut Pejantan
  15. Faktor Penyebab Kegagalan Beternak Kroto
  16. Media dan Cara Memanen Kroto Terbaik
  17. Trik Jitu Melipatgandakan Koloni Semut Rangrang

bibit kroto, budidaya semut rangrang, budidaya kroto, bibit kroto murah Bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis Budidaya Kroto,
Dapatkan Buku "Untung Besar Budidaya Kroto" ini dengan harga murah dan terjangkau.
Anda cukup mengeluarkan uang Rp. 40.000 sudah bisa mendapatkan buku ini.Jika berminat silahkan hubungi kami via:
SMS: 085385004090,
PIN BBM: 3306C47C
.