Cara Melipatgandakan Koloni Semut Rangrang

gambar semut-foto semut-semut rangrang
gambar semut-foto semut-semut rangrang

Bagaimana cara melipatgandakan koloni semut rangrang agar menjadi banyak dengan cara alami tanpa mengeluarkan dana sepeserpun? Pertanyaan ini sering muncul dalam benak para pelaku budidaya kroto, termasuk juga saya. Nah, dalam pembahasan ini, akan kami uraikan beberapa cara alami untuk melipatgandakan koloni semut rangrang. Namun, cara ini membutuhkan waktu yang relatif lama, dan harus melalui beberapa tahap. Namun, sebelum kita lebih jauh membahas hal itu, perlu Anda ketahui bahwa, untuk melipatgandakan koloni semut rangrang, Anda tidak harus dengan cara:
  • Berburu bibit semut rangrang di alam bebas, apalagi saat ini dari hari ke hari semut rangrang semakin langka.
  • Membeli koloni tambahan ke penjual bibit kroto, tapi jika Anda memiliki dana yang besar, membeli bibit kroto bukanlah masalah, karena hal itu juga terkait dengan kelangsungan usaha Anda. Namun, jika Anda tidak memiliki dana lebih, ada baiknya jika Anda mengikuti beberapa langkah-langkah melipatgandakan semut rangrang yang akan saya uraikan.

Melipatgandakan koloni semut rangrang sebenarnya relatif mudah bahkan murah. Namun, pola pelipatgandaan ini harus dimulai dari awal ternak. Artinya, ketika memulai budidaya semut rangrang, Anda harus memperhatikan aspek-aspek pendukung budidaya korto. Apa saja aspek pendukung untuk melipatgandakan koloni semut rangrang?
  • Ruangan atau media ternak/tangkar harus bisa mengadopsi setidak-tidaknya 75% keadaan sarang semut rangrang di alam bebas.
  • Bibit yang ditangkar harus memenuhi kriteria bibit dengan label varietas unggul.
  • Pola perawatan yang diterapkan hampir 95% memicu perkembangbiakan semut rangrang.
  • Menjaga kesetabilan area ruangan ternak, hingga terbentuk koloni turunan, satu, dua, tiga dan seterusnya.
  • Menjaga kesetabilan ruang ternak/ tangkar merupakan tidakan yang wajib dilakukan dalam budidaya semut rangrang/ budidaya kroto. Karena, ketika stabilitas ruang tangkar terjamin, maka proses perkembangbiakan akan sesuai dengan target koloni semut rangrang.
  • Semakin cepat perkembangbiakan terjadi, maka sebagian semut akan beradabtasi (naik pangkat/ kasta) dengan ciri fisik berganti kulit. Nah, disinilah pentingnya kita memenuhi elemen-elemen pendukung budidaya kroto, sebagaimana telah dijelaskan di atas. Karena, jika elemen-elemen ini belum terpenuhi, maka koloni akan berjalan di tempat dan tidak berkembang biak.

Akan tetapi, jika elemen-elemen tersebut terpenuhi, maka semut rangrang akan cepat berkembang dan membentuk koloni-koloni turunan. Nah, setiap koloni ini membutuhkan pemimpin, di mana pemimpin ini juga sangat terkait dengan fase adaptasi semut rangrang itu sendiri.

Jika beberapa hal di atas sudah Anda terapkan dengan baik, selanjutnya kita akan mengarah pada tahap cara melipatgandakan koloni semut rangrang. Cara atau trik ini sangat mudah, dan bahan-bahannya pun sangat mudah didapatkan. Berikut bahan dasar dan cara-cara yang harus Anda lakukan.

  • Ambil batang pisang yang sudah tua
  • Pisahkan lembaran-lembaran batang pisang (pelepah pisang)
  • Taruk lembaran pelepah pisang tersebut di atas toples berisi semut rangrang Anda dengan posisi tengkurap.
  • Biarkan sampai kering, dan jangan terkejut kalau sebagian koloni semut rangrang bersarang di bawah pelepah.
  • Jika sudah kering, tambahkan pelepah dengan menaruh pelepah baru di atas pelepah yang sudah kering, dan jangan pernah sekali-kali mengangkat pelepah yang sudah kering tersebut.
  • Biarkan pelepah kedua juga mengering, sampai semut rangrang terlihat berubah, dengan ciri-ciri, para semut prajurit dan pekerja memboyong kelebihan kroto dari bawah pelepah ke dalam toples.

Artikel Terkait

  1. Cara Budidaya Semut Rangrang Dalam Toples
  2. Cara Menyatukan Semut Rangrang Beda Koloni
  3. Teknik Budidaya Semut Rangang Modern
  4. Semut Rangrang
  5. Pakan Terbaik Semut Rangrang
  6. Proses Perkembangbiakan Semut Rangrang
  7. Jenis-Jenis Kroto Untuk Pakan Burung
  8. Cara Terbaik Memanen Kroto
  9. Agar Semut Rangrang Cepat Bertelur
  10. Bibit Kroto Murah
  11. Bibit Kroto Murah
  12. Cara Budidaya Kroto Media Paralon

bibit kroto, budidaya semut rangrang, budidaya kroto, bibit kroto murah Bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis Budidaya Kroto,
Dapatkan Buku "Untung Besar Budidaya Kroto" ini dengan harga murah dan terjangkau.
Anda cukup mengeluarkan uang Rp. 40.000 sudah bisa mendapatkan buku ini.Jika berminat silahkan hubungi kami via:
SMS: 085385004090,
PIN BBM: 3306C47C
.