Penyebab Semut Rangrang Stress dan Mati

bibit kroto, budidaya semut rangrang, budidaya kroto, bibit kroto murah
Salam sejahtera kawan-kawan pelaku budidaya semut rangrang/ ternak kroto. Dalam artikel kali ini, bibitkrotomurah.blogspot.com, akan membahas penyebab semut rangrang stress dan mati. Hal ini perlu diketahui oleh para pelaku budidaya semut rangrang/ ternak kroto. Karena salah satu faktor kegagalan, usaha budidaya semut rangrang adalah karena semut rangrang banyak yang stress dan mati.

Pertama, kenapa semut rangrang stress? Ada banyak faktor, kenapa semut rangrang bisa stress, mulai dari keadaan rak, pemberian pakan, lingkungan, dan perawatan.

  1. Keadaan rak merupakan salah satu faktor stress atau tidaknya semut rangrang. Hal ini karena, semut rangrang adalah semut yang sangat memperhatikan kebersihan. Jika rak bersih, semut rangrang tentu akan senang tinggal disarangnya. Ketika semut rangrang sudah merasa nyaman, maka ia bisa berkembang dengan baik, dan hal inilah yang diinginkan oleh setiap pelaku budidaya semut rangrang/ ternak kroto.
    Tetapi, jika rak kotor dan bau, semut akan kehilangan konsentrasi dan kenyamanannya, sehingga ia mudah terjangkit stress. Ketika semut stress, maka ia tidak bisa berkembang dengan baik, dan telur/ kroto yang dihasilkan tidak akan banyak. Hal ini tentu sangat merugikan bagi pelaku budidaya semut rangrang/ ternak kroto. Untuk itu, jika tidak ingin semut rangrang Anda stress, rajin-rajinlah untuk membersihkan rak dari kotoran. Baik itu kotoran yang berasal dari pakan maupun yang lainnya.
  2. Sebagaimana halnya manusia, semut rangrang juga membutuhkan makanan dan minuman. Jika hal ini tidak terpenuhi, maka semut akan stress bahkan mati. Untuk itu, perhatikan makanan dan minuman semut rangrang. Untuk minuman, Anda bisa menggunakan air gula, dan untuk makanan, Anda bisa memberi pakan kesukaan semut rangrang, seperti, ulat hongkong, jangkrik dan lain sebagainya. Selain itu, usahakan pakan tidak basi, karena semut rangrang lebih suka makanan yang masih segar. Misalnya, jika Anda memberi pakan berupa Ulat Hongkong, berilah yang masih hidup, bukan yang sudah mati.
  3. Lingkungan juga menjadi salah satu faktor stress atau tidaknya semut rangrang. Semut rangrang suka berada di tempat yang sepi, jauh dari gangguan atau keramaian, bersuhu sejuk atau tidak panas. Maka dari itu, ketika Anda memulai budidaya semut rangrang, ketiga hal tersebut perlu Anda perhatikan, agar semut tidak gampang stress atau mati.
  4. Jika perawatan tidak tepat, semut rangrang akan merasa terganggu yang menyebabkan stress. Yang perlu diperhatikan dalam perawatan adalah, pertama, bersihkan rak secara rutin 3 hari sekali dari sisa pakan dan kotoran lain. Kedua, jangan sering mendekati rak, kecuali memberi pakan dan membersihkan rak. Ketiga, jauhkan semua benda yang ada di sekitar rak, jangan sampai `menempel rak yang dapat menyebabkan semut rangrang melarikan diri.


Pertanyaan kedua, kenapa semut rangrang banyak yang mati? Kematian semut rangrang bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  1. Penempatan atau pencampuran semut rangrang dari alam yang beda koloni dalam satu rak, sehingga mereka akan saling menyerang.
  2. Semut rangrang stress akibat perubahan lingkungannya, yang semula bebas di alam, ketika ditangkarkan lingkungannya menjadi sempit, sehingga semut rangrang frustasi dan banyak yang mati.
  3. Semut rangrang merasa terganggu akibat campur tangan kita dalam pemberian pakan dan minuman yang terlalu sering, akibatnya semut rangrang stress dan dapat menyebabkan kematian.
  4. Masa hidup atau daur hidup semut rangrang yang tidak terlalu lama, juga menyebabkan banyak semut rangrang mati.


Demikianlah, beberapa hal tentang Penyebab Semut Rangrang Stress dan Mati, yang dapat bibitkrotomurah.blogspot.com, sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, dan jika ada kesalahan mohon kritik dan sarannya. Selebihnya terimakasih!!!!!

Artikel Terkait

  1. Cara Budidaya Semut Rangrang Dalam Toples
  2. Cara Menyatukan Semut Rangrang Beda Koloni
  3. Teknik Budidaya Semut Rangang Modern
  4. Semut Rangrang
  5. Pakan Terbaik Semut Rangrang
  6. Proses Perkembangbiakan Semut Rangrang
  7. Jenis-Jenis Kroto Untuk Pakan Burung
  8. Cara Terbaik Memanen Kroto
  9. Agar Semut Rangrang Cepat Bertelur
  10. Bibit Kroto Murah

bibit kroto, budidaya semut rangrang, budidaya kroto, bibit kroto murah Bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis Budidaya Kroto,
Dapatkan Buku "Untung Besar Budidaya Kroto" ini dengan harga murah dan terjangkau.
Anda cukup mengeluarkan uang Rp. 40.000 sudah bisa mendapatkan buku ini.Jika berminat silahkan hubungi kami via:
SMS: 085385004090,
PIN BBM: 3306C47C
.