Skip to main content

Masa Panen dan Cara Memanen Kroto

gambar kroto, cara memanen kroto, toples budidaya kroto

Masa panen adalah waktu yang selalu ditunggu-tunggu oleh setiap pelaku budidaya, entah itu budidaya sayuran, budidaya ikan, perkebunan dan lain sebagainya. Begitu juga halnya dalam budidaya kroto. Waktu panen adalah waktu yang paling dinanti-nantikan oleh pelaku usaha budidaya kroto. Nah, dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai masa panen kroto dan cara memanen kroto.

Masa Panen Kroto
Kapan kroto bisa dipanen? Dan berapa kali kroto bisa dipanen dalam satu bulan? Itulah pertannyaan yang seringkali muncul dalam benak pelaku budidaya kroto, terutama bagi mereka yang baru memulai budidaya kroto. 

Perlu diketahui bahwa, untuk menghasilkan kroto semut rangrang membutuhkan waktu yang cukup lama. Dalam memproduksi kroto, mulai dari sebutir pasir sampai menjadi sebutir beras, semut rangrang membutuhkan waktu kurang lebih 15 sampai dengan 20 hari. Itu artinya kroto siap atau bisa dipanen setiap 15 atau 20 hari sekali, dan dalam satu bulan kroto bisa dipanen sebanyak 1 sampai dua kali, tergantung kualitas semut rangrang yang memproduksi kroto. Jika kualitas semut rangrang sangat baik dan cepat bertelur, maka pemanenan bisa dilakukan dua kali. Tetapi jika kualitas semut rangrang kurang baik, ada baiknya pemanenan dilakukan satu kali dalam satu bulan. 

Keterangan: (Untuk melihat kualitas semut rangrang akan disajikan dalam pembahasan tersendiri).
Bagi pelaku budidaya kroto yang menggunakan media toples, maka pemanenan bisa dilakukan ketika dinding toples sudah dipenuhi dengan kroto. Itulah salah satu manfaat budidaya kroto menggunakan media toples atau wadah yang transparan. Karena kita bisa melihat, kapan saatnya kroto harus dipanen dan kapan waktunya untuk meningkatkan perkembangbiakan semut rangrang.

Yang menjadi pertannyaan sekarang adalah bagaimana caranya agar kita bisa memanen kroto setiap hari? Untuk bisa memanen kroto setiap hari, setidaknya kita harus memiliki kurang lebih 350 toples ukuran 1 liter atau 2 liter. Dengan asumsi 300 toples sebagai adalah bibit kroto siap panen dan 50 toples sisanya dijadikan alternatif apabila di antara yang 300 toples tersebut tidak memenuhi standar untuk dipanen.

Adapun kalkulasi untuk memanen kroto setiap hari adalah sebagai berikit; setiap hari panen 10 toples selam 30 hari secara bergantian. Umumnya, 1 liter toples menghasilkan 1 ons kroto, maka jika dapat memanen 10 toples, kita dapat menghasilkan 1 kilogram kroto bersih dengan harga kisaran 180 ribu rupiah sampai 200 ribu rupiah tergantung harga kroto di kota Anda semua karena harga kroto tiap kota berbeda-beda.

Cara Memanen Kroto
Untuk memanen kroto, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan peralatan. Adapun peralatan yang digunakan untuk memanen kroto antara lain; 
  • Ember, 
  • Plastik, 
  • Kawan streamin, 
  • Sarung tangan plastik, 
  • Kanji atau tepung beras jika diperlukan

Setelah semu peralatan disipakan, langkah selanjutny, yaitu:
  • Letakkan kawat streamin di atas ember, 
  • Ambillah semut rangrang siap panen yang ada di rak, 
  • Goyang-goyang toples di atas kawan streamin, hingga kroto rontoh dan semut menempel pada kawat.
  • Jika kroto dirasa sudah keluar semua, letakkan toples semut rangrang ke tempat semula.

Keterangan:

Umunya dalam waktu 2-3 jam sarang tersebut akan kembali dibangun oleh semut rang-rang. Dalam masa membangun sarang tersebut usahakan jangan sesekali mengoyang atau menyentuh toples agar semut tidak pindah dan enggan membangun sarangnya kembali. 

Popular posts from this blog

Cara Merawat dan Memberi Pakan Semut Rangrang Agar Cepat Bertelur

Bagaimana cara merawat dan memberi pakan semut rangrang agar cepat bertelur? Itulah yang mungkin sering menjadi pertanyaan bagi setiap pelaku budi daya kroto. Perlu Anda ketahui bahwa sudah 3 tahun ini budidaya semut rangrang mulai merebak dimasyarakat. Banyak orang yang berusaha melakukan budidaya tetapi hampir 100% dari mereka gagal. Hal itu dikarenakan minimnya inisiatif untuk berusaha mencari hal yng efisien dalam melakukan percobaan budidaya. Sebagai contoh, seorang pemula yang langsung budidaya besar – besaran padahal orang tersebut belum mengetahui seluk beluk pengetahuan tentang semut rangrang.

Hal yang setelah itu terjadi adalah kegagalan. Ada juga segelintir orang yang menempuh cara instan yaitu dengan membeli bibit, mengikuti pelatihan dll. Tetapi mereka juga tetap gagal dikarenakan ada unsur pemanfaatan situasi dari para penjual bibit dan para pendiklat. Mereka hanya berusaha mendapatkan untung dari meledaknya informasi tentang budidaya semut rangrang tanpa harus memiliki …

Trik Jitu Melipatgandakan Koloni Semut Rangrang

Setiap pelaku budi daya kroto tentu mengharapkan semut rangrang yang ia takar cepat berkembang, sehingga koloni semut rangrang bisa bertambah banyak. Sayangnya, belum banyak yang tahu bagaimana cara melipatgandakan koloni semut rangrang. Untuk itu, bibitkrotomurah.blogspot.com akan sedikit menguraikan tentang trik jitu melipatgandakan koloni semut rangrang.

Trik yang akan kami uraikan berikut ini adalah trik-trik yang sudah diuji oleh para peternak kroto. Tapi, trik ini membutuhkan proses, waktu yang agak lama dan dilakukan secara bertahap. Meskipun demikian, melipatgandakan koloni semut rangrang ini bisa dibilang mudah dan murah. Ada baiknya usaha untuk melipatgandakan semut rangrang ini Anda lakukan sejak awal ternak. Untuk itu, ketika mulai beternak kroto atau semut rangrang, Anda harus memperhatikan aspek pendukungnya.

Adapun aspek pendukungnya antara lain; ruang atau media ternak, harus bisa mengadopsi, sekurang-kurangnya 75% keadaan sarang semut rangrang di alam bebas. Kedua,…

Agar Semut Rangrang Cepat Bertelur

Salam sejahtera kawan-kawan pelaku budidaya semut rangrang/ ternak kroto. Dalam pembahasan kali ini, bibitkrotomurah.blogspot.com akan membagikan trik dan tips agar semut rangrang cepat bertelur dan menghasilkan kroto yang berkualitas. Seorang pelaku budidaya semut rangrang/ peternak kroto, tentu mengharapkan agar semut rangrang yang ia tangkar cepat bertelur dan menghasilkan kroto yang berkualitas.

Namun, perlu diketahui, bahwa untuk membuat semut rangrang berkembang dengan baik dan cepat bertelur tidak semudah membalik telapak tangan, semuanya membutuhkan kerja keras dan ketelatenan, ulet dan teliti. Hal ini berdasarkan fakta bahwa, banyak para pelaku budidaya kroto yang mengeluh, karena semut rangrang tidak bisa berkembang dengan baik, banyak semut yang stress dan mati, sehingga telur/ kroto yang dihasilkan pun tidak banyak.

Untuk itu, para pelaku budidaya kroto, terutama bagi para pemula atau yang baru saja menggeluti budidaya semut rangrang / ternak kroto harus mengetahui bebe…