Kenapa semut rangrang banyak yang mati?

semut rangrang-bisnis semut rangrang-bisnis kroto semut rangrang-peternak semut rangrang

Masalah yang sering muncul dan yang paling ditakutkan dalam budi daya kroto adalah kematian semut rangrang. Untuk itu dalam pembahasan kali ini, akan dijelaskan mengenai kenapa semut rangrang banyak yang mati? Perlu Anda ketahui, semut rangrang yang memiliki tingkat kematian paling tinggi adalah semut rangrang pekerja. Hal ini karena semut rangrang pekerja memang memiliki umur yang pendek, sehingga wajar jika ia mati lebih dahulu disbanding dengan semut-semut lainnya.

Semut pekerja ini hampir mirip dengan semut prajurit, tetapi, jangan sampai semut prajurit ini mati. Karena semut prajurit ini mempunyai tugas untuk menjaga setiap koloni semut rangrang. Maka, jika semut prajurit banyak yang mati, maka koloni-koloni semut rangrang tidak lagi solid, bahkan bisa saling menyerang. Dan ini sangat merugikan. Jika semut saling menyerang alias tawuran, maka tingkat kematian semut rangrang akan semakin meningkat.

Jika semut rangrang mati secara alami, maka kita tidak perlu gelisah. Tetapi, jika kematiannya tidak alami, maka patut Anda cari apa penyebab dari kematian tersebut. Cara paling mudah untuk melihat semut rangrang mati secara alami atau tidak ialah, dengan memperhatikan bangkai semut rangrang itu sendiri. Jika bangkai semut rangrang dimakan semut rangrang lainnya, itu berarti semut rangrang mati secara alami. Tetapi sebaliknya, jika bangkai semut rangrang tidak dimakan atau bahkan tidak disentuh sama sekali oleh semut lainnya, maka itu petanda bahwa semut rangrang mati dengan cara tidak alami. Kematian semut rangrang tidak alami bisa disebabkan oleh banyak factor, misalnya terkena racun, makanan yang sudah basi, atau terkena minyak, tanpa kita sadari.

.